1 Komentar

Khutbah – Orang-orang yang Merugi (Muflisin) – Ust.Cahyo Al Fatih

ceyHidup manusia tak pernah lepas dari dosa dan kesalahan. Rasulullah bersabda, “Setiap anak Adam pasti pernah melakukan salah” (HR.Tirmidzi). Dan manusia selalu mencari jalan untuk mengurangi dosa-dosanya. Karena itu dalam banyak kesempatan manusia selalu berdo’a berharap ampunan dari Allah SWT. Mengenai ini ada sebuah hadits yang sering dibacakan terutama saat Bulan Ramadhan. Sebuah hadits yang berbunyi:

Barangsiapa berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan berharap balasan Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu“. (Muttafaq Alaih)

Sebuah hadits yang sering disalahpahami oleh umat Islam. Seolah-olah jika seseorang sudah berpuasa penuh, ia bisa terbebas dari seluruh dosa-dosanya. Sebuah hadits Rasulullah yang bisa membuat umat Islam terlena, jika mereka tidak memahami secara komprehensif, dengan memperhatikan nash-nash yang lain. Menurut ulama’, ‘dosa’ yang dimaksud di dalam redaksi hadits tersebut hanya dosa manusia dengan Allah. Tidak termasuk dosa manusia kepada sesamanya. Untuk ‘dosa’ yang satu ini ada sebuah hadits yang menerangkannya, yaitu hadits tentang orang-orang yang merugi atau muflisin. Bagaimana ulasannya? Silakan simak khutbah yang disampaikan Ust.Cahyo Al Fatih berikut .::DOWNLOAD (mp3, 13MB)::.

One comment on “Khutbah – Orang-orang yang Merugi (Muflisin) – Ust.Cahyo Al Fatih

  1. subahanallah makasih mas tas informasinya , semoga bermanfaat amin:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: