Tinggalkan komentar

Kajian Fiqh Pemilu dalam Tinjauan Syariah – Ustadz Pahrul

Bagaimana tinjauan syari’ah terhadap kaum Muslim yang turut terlibat sebagai pemilih, memberikan suara dalam proses pemilihan umum, baik dalam pemilihan anggota-anggota perwakilan rakyat maupun kepala Negara ?

Di dalam pertanyaan di atas terkandung dua topik yang berbeda, yaitu : 1.Memilih anggota-anggota wakil rakyat, dan 2.Memilih kepala negara.

Pemilu merupakan (akad) wakalah (perwakilan). Agar akad wakalah sempurna maka rukun-rukunnya harus dipenuhi sehingga akadnya sahih, yaitu : 1.Adanya ijab qabul, 2.Pihak yang mewakilkan (muwakkil), 3.Pihak yang mewakili (wakil), 4.Perkara yang diwakilkan, 5.Bentuk redaksi akad perwakilannya (shigat tawkil).

Untuk mengetahui hukum syariat dalam masalah ini, wajib sebelum segala sesuatunya, untuk melakukan tahqiq manath (mengetahui fakta tentang obyek diterapkannya hukum) atas perkara tersebut. Manath dalam perkara ini adalah pemilihan anggota majelis legislatif (al-majlis at-tasyri) atau yang biasa dikenal dengan majelis perwakilan (majlis an-nuwab), aktivitas yang biasanya dilakukan oleh majelis ini serta wewenang-wewenangnya. Disinilah  ditetapkan hukum syariah Islam atas perkara ini. Begitu pula manath dalam perkara yang kedua, yaitu pemilihan kepala negara yang mengharuskan mengetahui apa yang menjadi tugas dan kewajiban kepala negara. Dari situ barulah dapat ditentukan hukumnya. Simak pembahasan lengkapnya yang disampaikan oleh Ustadz Pahrul, SHI, di Kajian Fiqih LD AMBH (Angkatan Muda Baitul Hikmah) Unlam berikut ini.

Download (MP3, 15MB)
Makalah 1
Makalah 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: