Tinggalkan komentar

Solusi Islam Terhadap Pelecehan Seksual (Ust. Nopriadi Hermani Phd)

Untuk rekaman audio kajian ini silahkan saja klik:
Solusi Islam Terhahadap Pelecehan Seksual.mp3 |18Mb

[BKLDK DIY]- Badan Kordinasi Lembaga Dakwah Kampus Wilayah DIY pada Senin (5/5) mengadakan rangkaian serial ketiga dari Dirosah Mabda’iyyah (DM). Tema DM saat itu adalah Hukum Islam mengenai Pelecehan Seksual (Kritik Terhadap Kehidupan Sekuleristik). Diangkatnya tema tersebut merupakan respon BKLDK DIY terhadap kasus-kasus yang terjadi saat ini, yakni banyaknya pelecehan seksual dan pedofilia. Acara sore itu dilaksakan di Ruang Utama Masjid Kampus UGM dengan narasumber Ustadz Nopriadi Hermani Ph.D, aktivis dakwah UGM sejak masa mudanya hingga sekarang sebagai dosen di UGM.

Narasumber menyampaikan fakta terkait kasus pelecehan seksual yang terjadi di dalam negeri dan juga di luar negeri. Ternyata kasus pelecehan seksual tidak hanya terjadi di Indonesia saja, Malaysia, India, bahkan sampai Eropa dan Amerika pun yang menjadi negara kiblat Sekulerisme dunia terjadi pelecehan seksual. Setidaknya di Amerika terjadi pelecehan seksual setiap 5 detik. Di semua negara termasuk Indonesia kasus pelecehan seksual sudah menyerang berbagai bidang, mulai dari pendidikan, kesehatan, militer, bahkan agama hingga keluarga.

Narasumber mengatakan bahwa sebagai seorang muslim seharusnya terhadap masalah-masalah tersebut tidak menganggapnya biasa. Karena kemaksiatan bukanlah hal yang harus disepelakan bagi kaum muslimin. Yang seharusnya dilakukan adalah mengetahui akar masalah yang menyebabkan pelecehan seksual terjadi. Jika kemudian tidak dilakukan pencegahan maka kita berdosa sebagai kaum muslimin dan telah menghalalkan murka Allah bagi manusia.

Masalah-masalah tersebut terjadi adalah karena aturan kehidupan yang sudah sekuleristik. Memisahkan agama dalam aktivitas berkehidupan. Sebagaimana yang terjadi saat ini di Indonesia. Penjagaan aturan kehidupan antara lawan jenis yang tidak sesuai Islam-lah yang menjadi penyebab banyaknya terjadi pelecehan seksual di negeri ini.

Karena dalam Islam, bagian pengaturan kehidupan antar lawan jenis diatur sedemikian rupa sehingga manusia memiliki derajat yang tinggi. Penjagaan menurut Islam dilakukan dari ranah pemahaman individu tentang pentingnya menutup aurat, kemudian ranah keluarga yang mengajarkan bagaimana kehidupan interaksi lawan jenis dalam keluarga diatur, hingga dalam ranah negara dan interaksi sosial bagaimana penjagaan negara terhdap zina hingga kepada sanksi (konsep dan implementasi)

Acara yang dimulai jam 16.00 WIB tersebut diakhiri pada pukul 17.30 WIB setelah sesi tanya jawab selesai, yakni beliau tutup dengan mengajak kepada peserta DM untuk senantiasa peka terhadap masalah dan kemaksiatan yang terjadi saat ini. Untuk kemudian dapat mengetahui solusi yang fundamental, yaki Islam, secara kongkrit adalah mengembalikan pengaturan kehidupan kepada Islam. [AM]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: