1 Komentar

Riba, Apa & Bagaimana

RIBA CROP

Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. (Qur’an surah Al-Baqarah: 275)

“Apabila zina dan riba telah tampak nyata dalam suatu kaum, maka mereka benar-benar  telah menghalalkan adzab Allah terhadap diri mereka”. (HR. Al-Hakim)

“Riba itu memiliki 73 pintu. Dosa riba yang paling ringan itu semisal dosa menyetubuhi ibu sendiri” (HR.Al-Hakim)

“Satu dirham riba yang dinikmati seseorang dalam keadaan ia mengetahuinya, dosanya lebih buruk daripada berzina 36 kali” (HR.Ahmad)

“Rasulullah melaknat pemakan riba, nasabah riba, juru tulisnya, dan dua saksinya. Nabi bersabda, “mereka semua sama” (HR.Muslim)

Beberapa nash syara’ diatas adalah indikasi yang menunjukkan haramnya riba, yaitu adanya celaan-celaan yang amat keras berupa ancaman Allah akan siksa-Nya. Riba merupakan dosa diantara dosa-dosa besar. Imam Adz-dzahabi menempatkan riba di no 10 dalam urut-urutan dosa besar yang ia tulis dalam Al-Kabaairnya. Di masa kini, riba tampaknya sangat umum di masyarakat kita. Mulai dari aktivitas utang, perkreditan, permodalan, perbankan, asuransi, hampir semuanya tak bisa bersih dari transaksi riba. Rasulullah bersabda :

“Sungguh akan datang pada manusia suatu masa (ketika) tiada seorangpun di antara mereka yang tidak akan memakan (harta) riba. Siapa saja yang (berusaha) tidak memakannya, maka ia tetap akan terkena debu (riba)nya,” (HR. Ibnu Majah & Abu Dawud)

Apa itu riba, bagaimana suatu transaksi dapat dikatakan mengandung riba? Simak kajian dari Ustadz Titok Priastomo (Staf Pengajar Ma’had Hamfara) berikut ini:

 

One comment on “Riba, Apa & Bagaimana

  1. makasih mas atas informasinya , sukses terus🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: